Selasa, 29 April 2014

Disiplin dalam Belajar

Pada kesepatan kali ini saya akan mencoba mebahas tentang pentingnya disiplin dalam belajar. Tetapi, sebelum kita membahas tentang disiplin pada belajar mari kita cerna dulu apa itu arti kata Disiplin. Disiplin merupakan suatu proses bimbingan yang bertujuan untuk menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu, atau membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu, terutama untuk meningkatkan kualitas mental dan moral.

Mungkin disiplin dalam belajar awalnya akan terlihat berat tapi bila kita sudah berhasil mempelajari atau berlatih, kita akan dapat mengikuti dengan sendirinya tanpa merasa tertekan.

Sikap disiplin dalam belajar akan lebih mengasah ketrampilan dan daya ingat pelajar terhadap materi yang telah diberikan, karena jika belajar menurut kesadarannya sendiri maka pelajar akan selalu termotivasi untuk selalu belajar, sehingga pada akhirnya pelajar akan lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal dari materi yang diberikan. Karena bisa dikatan bahwa disiplin dalam belajar sangat berhubungan dengan prestasi belajar. Coba kita pikirkan bagaimana bisa kita dapat sukses tanpa ada disiplin dalam usaha dan kerja keras. Dari kebanyakan orang-orang sukses rasanya tidak ada diantara mereka yang tidak berdisiplin, kedisiplinan yang tertanam dalam setiap kegiatan mereka yang membawa kesuksesan.

Adapun tips agar kita dapat menerima disiplin belajar bukan sebagai siksaan yaitu dengan tidak membayangkan betapa beratnya proses yang dilakukan tetapi kita fokus kepada hasil akhir yang kita inginkan. Contohnya, jika kita ingin lulus tepat waktu dengan ipk yang memuaskan, kita harus bisa disiplin dalam mengatur waktu. kita harus tahu kapan kita harus belajar, berkomunikasi dan beristirahat. Dan janganlah kita membuang-buang waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Karena itulah mari kita luangkan lah waktu kita dengan yang bermanfaat contoh dengan belajar supaya agar apa yang kita cita citakan akan tercapai.

Tidak ada komentar: