Senin, 21 November 2011

Perkembangan New Media, Macam-Macam Social Network dan Dampak Sosial Network di Masyarakat

 


Sebelum kita membahas tentang New Media ada baiknya kita tahu dulu apa itu New media. New Media adalah media baru sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi sekarang dan mendatang bersama-sama dengan komputer digital. Ada banyak sekali contoh New Media saat ini,  salah satu diantaranya dan menjadi "tren" saat ini adalah Internet


Ya, Internet  saat ini mungkin sudah bukan barang baru bagi kehidupan kita saat ini, siapa sih yang tidak tahu apa itu internet. Bisa- bisa kita dibilang NDESO sama Tukul Arwana, hahahaha. Tapi sebelumnya apakan kita tau internet itu? Jangan hanya menggunakannya saja dong. Internet  merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia, pada perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, penggunaan internet menjadi sesuatu kebutuhan masyarakat dunia. Dan jika kita membicarakan masalah internet pasti hampir setiap orang jika sedang berselancar ria di dunia maya pasti akan meluangkan waktunya untuk sekadar berfacebook ria, menonton video atau mingkin mengupload video sendiri di youtube, atau malah yang sedang gencar gencarnya saat ini  main burung (twitter), hehehehe. Macam-macam situs yang telah saya sebutkan tadi biasa disebut orang sebagai SOCIAL NETWORK.
Adapun Macam macam social Network pada saat ini adalah: 

1. Facebook
Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang diluncurkan pada Februari 2004, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.Pengguna facebook dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Facebook didirikan oleh Mark ZuckerbergKeanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut pengguna aktif di seluruh dunia.

 2.     Youtube
Social network yang ini agak sedikit berbeda dengan yang diatas . Youtube ini adalah media dimana para penggunanya dapat berbagi video video mereka yang diupload lalu diposting sehingga orang orang dari seluruh dapat melihatnya ,mulai dari video lucu, keren, horor, mistik, berpendidikan, dll, dan apabila berkenan memberikan komentar . Di youtube ini banyak sekali fakta menarik ,seperti mendadak menjadi artis karena video yang mereka tampilkan . 

3. Twitter
 
Twitter adalah sebuah situs jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan ini adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Maka dapat kita simpulkan alasan New Media cepat berkembang adalah :
  1. Tarif  murah.
  2. Jaringan  global.
  3. Teknologi mampu menampilkan semua jenis informasi.
  4. Pertumbuhan bisnis online yang sangat cepat.
  5. Pertumbuhan akses mobile.
Adapun Dampak positif dan negatif dari penggunaan jejaring sosial.

Dampak positif :

·        Mempermudah komunikasi dengan teman.
·        Memperluas jaringan pertemanan.
·        Bisa digunakan untuk mencari teman lama.
·        Bisa digunakan untuk menjual barang secara online.
·        Media penyebaran informasi.

Dampak negatif :

·        Ketergantungan.
·        Membuang-buang waktu.
·        Kejahatan dunia maya (cyber crime).


Kesimpulan : Penggunaan new media memang sangat pesat belakangan ini, masyarakat cyber pun banyak bermunculan , karena new media ini sifatnya bebas, maka kita jangan sampai kebebasan ini malah merugikan kita . Perlunya pemahaman tentang penggunaan media ini sangat penting , agar meminimalisir kerugian dan dapat merubah kerugian menjadi kentungan kita.

Tidak ada komentar: